Topik Terkini

3 Des 2012

Presiden SBY menerima kunjungan Yasuo Fukuda, bekas Perdana Menteri Jepang
Presiden SBY menerima kunjungan Yasuo Fukuda, bekas Perdana Menteri Jepang (sumber: presidenri.go.id)
"Mereka menyampaikan apresiasi atas stabilitas politik Indonesia yang bisa menjamin aktivitas ekonomi mereka bisa berjalan dengan baik."

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima mantan Perdana Menteri Jepang yang kini menjabat Presiden Japan-Indonesia Association (Japinda), Yasuo Fukuda, membahas peningkatan kerjasama dan juga hubungan bilateral kedua negara.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Presiden tersebut, Fukuda menyampaikan pujian terhadap perkembangan Indonesia di dalam dan luar negeri. Selain itu, juga keterlibatan Indonesia dalam High Level Panel forum untuk membahas paska Millennium Development Goals yang akan berakhir tahun 2015 mendatang.

Fukuda juga menyampaikan harapan agar kerjasama yang telah terjalin selama ini bisa ditingkatkan. Hubungan bilateral Indonesia-Jepang sudah terjalin selama 50 tahun.

”Yosuo Fukuda berharap pengusaha Jepang yang berada di Indonesia lebih beraktivitas. Mereka menyampaikan apresiasi atas stabilitas politik Indonesia yang bisa menjamin aktivitas ekonomi mereka bisa berjalan dengan baik,” ujar Julian usai pertemuan, hari ini.

Fukuda hadir didampingi delegasi sejumlah pimpinan perusahaan Jepang seperti Marubeni Corporation, JGC Corporation, Panasonic Corporation, Teijin Limited, Yazaki, Chiyoda dan All Nippon Airways.

Di awal pertemuan SBY mengenang pertemuannya dengan Fukuda saat bertemu 1.5 tahun lalu di Tokyo dan Sendai saat SBY dan rombongan melakukan kunjungan kerja dan mengunjungi lokasi paska gempa bumi dan tsunami.

SBY berharap kunjungan Fukuda beserta delegasi pengusaha Jepang bisa meningkatkan hubungan dan kemitraan Indonesia dan Jepang yang telah terjalin dengan baik.

"Saya senang kunjungan ini diikuti delegasi yang kuat, sebagian saya kenal dengan baik sahabat-sahabat saya, mudah-mudahan ini betul-betul bisa meningkatkan lagi kemitraan dan kerjasama bilateral kita," ujar SBY.

Dalam pertemuan ini, SBY didampingi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Dalam Negeri Gita Wirjawan, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Sekertaris Kabinet Dipo Alam, Dubes Indonesia untuk Jepang Muhammad Lutfi dan Ketua Dewan Pembina Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang Ginanjar Kartasasmita.

0 komentar:

Posting Komentar