Topik Terkini

3 Des 2012

Bakrie & Brothers kaji opsi go public divestasi, kerja sama strategis hingga pelepasan saham perdana anak usaha demi melunasi utang
 http://img.beritasatu.com/images/medium/22122011203038.jpg


PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) akan mencari pendanaan dari pasar modal dengan melepas saham perdana (melakukan go public) sejumlah anak usahanya yang belum terbuka, demi melunasi utang dan pengembangan usaha.

"Rencana tersebut tengah kita pertimbangkan, disamping melakukan penjualan aset non inti (non core) dan penjualan aset lainnya," ujar Direktur/Chief Financial Officer PT Bakrie & Brothers Tbk, Eddy Suparno, dalam paparan publik dikantornya, Senin (3/12).

Saat ini perseroan tengah mematangkan struktur rencana pelepasan saham anak usahanya itu, dan kemungkinan akan difinalisasi akhir tahun. 

Untuk besaran pelepasan sahamnya, perseroan menegaskan akan mempertimbangkan aspek likuiditas di pasar,"Mungkin 30 persen, tapi kami belum bisa pastikan," jelas Eddy. 

Bakrie & Brothers juga tidak menutup kemungkinan untuk menjual saham perusahaan yang sudah menjadi perusahaan terbuka (go public), seperti halnya yang mereka lakukan terhadap PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), "Yang jelas kami tidak pantang melepas kepemilikan public company, namun kedepannya bisa kurang bisa juga nambah, sedang kita kaji," papar Eddy. 

Disisi lain, Bakrie & Brothers juga akan melepas kepemilikan saham di PT Bakrie Pipe Industries dan menggandeng investor strategis bagi pengembangan PT Bakrie Building Industries dan PT Bakrie Tosanjaya.

"Ada 4 investor (asing maupun lokal) yang tengah menjajaki pembelian Bakrie Pipe Industries. Untuk detilnya kami belum bisa sampaikan," tegas Eddy.

Sementara untuk Bakrie Tosanjaya, pihaknya tengah mengkaji kemungkin kerja sama strategis, dan kini sudah ada 3 calon investor yang tertarik.

0 komentar:

Posting Komentar