Sekjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim
menolak bila mutu pengajaran di Indonesia mengalami stagnansi sejak 2007
seperti hasil penelitian Bank Dunia.
Menurut Ainun, pihaknya sendiri sama sekali belum mendengar mengenai penelitian tersebut dan tidak yakin terhadap validasi hasilnya. Dalam penelitiannya Bank Dunia mencatat kualitas pendidikan di Indonesia mengalami stagnasi sejak 2007.
"Sekarang kalau dikatakan stagnan indikatornya apa?" Ujar Ainun kepada Media Indonesia. Menurut Ainun, dalam menentukan hasil, terutama bicara mutu belajar mengajar dan kualitas pendidikan tentu saja banyak faktor yang menjadi pertimbangan.
Ainun menilai, selama ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya terkait peningkatan kapasitas tenaga pengajar. "Salah satunya ya dengan program sertifikasi sejak 2009 silam," ujar Ainun.
Memang menurut Ainun, pelatihan-pelatihan semacam itu sifatnya laten, alias tidak bisa instan dilihat outputnya. "Tapi yang saya lihat sejauh ini tidak ada masalah dan kualitas guru justru kecendrungannya meningkat," ujar Ainun.
Hingga saat ini, menurut Ainun pihaknya masih terus mengembangkan metode pelatihan dan mutu yang berkesuaian dengan kebutuhan terkini. "Karena itu penyesuaian terus kita lakukan, jadi jangan dibilang dulu tiba-tiba stagnansi, trennya baik kok," ujar Ainun menandaskan.
Menurut Ainun, pihaknya sendiri sama sekali belum mendengar mengenai penelitian tersebut dan tidak yakin terhadap validasi hasilnya. Dalam penelitiannya Bank Dunia mencatat kualitas pendidikan di Indonesia mengalami stagnasi sejak 2007.
"Sekarang kalau dikatakan stagnan indikatornya apa?" Ujar Ainun kepada Media Indonesia. Menurut Ainun, dalam menentukan hasil, terutama bicara mutu belajar mengajar dan kualitas pendidikan tentu saja banyak faktor yang menjadi pertimbangan.
Ainun menilai, selama ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya terkait peningkatan kapasitas tenaga pengajar. "Salah satunya ya dengan program sertifikasi sejak 2009 silam," ujar Ainun.
Memang menurut Ainun, pelatihan-pelatihan semacam itu sifatnya laten, alias tidak bisa instan dilihat outputnya. "Tapi yang saya lihat sejauh ini tidak ada masalah dan kualitas guru justru kecendrungannya meningkat," ujar Ainun.
Hingga saat ini, menurut Ainun pihaknya masih terus mengembangkan metode pelatihan dan mutu yang berkesuaian dengan kebutuhan terkini. "Karena itu penyesuaian terus kita lakukan, jadi jangan dibilang dulu tiba-tiba stagnansi, trennya baik kok," ujar Ainun menandaskan.
0 komentar:
Posting Komentar