Topik Terkini

12 Des 2012

Ada beberapa hal yang menarik dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 ini, sejumlah artis dan selebriti ikut dalam pilgub kali ini. Ada beberapa nama selebiriti yang masuk dalam bursa pencalonan Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, Dedi Dores, Dedi Mizwar, Rieke Dyah Pitaloka dan Nurul Arifin juga Tantowi Yahya.

Partai-partai peserta pemilu tidak ingin main-main dengan Pilgub Jabar, karena posisinya juga tidak kalah penting dengan Pilgub Jakarta. Jika Jakarta menjadi pusat kekuasaan, maka Jabar adalah provinsi pusat mendulang suara karena ini adalah provinsi terbesar dan terpadat penduduknya di Indonesia. Jawa Barat memiliki penduduk  38,9 juta jiwa, dan tentu saja hal ini sangat signifikan untuk pemilu 2014. Hal ini menjadikan, siapapun pemenang pemilihan gubernur  Jabar akan menjadi faktor  pemenang pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan umum (pemilu).

Jabar menjadi kiblat politik nasional sehingga semua partai akan mengerahkan kemampuannya untuk merebut kursi eksekutif. Apapun partainya, ingin merebut dan menguasai Jawa Barat.
Ahmad Heriyawan-Dede Yusuf (selebriti) secara mengejutkan mengalahkan beberapa tokoh nasional seperti Agum Gumelar dan incumbent, Dan
y Setiawan. Dede Yusuf yang ketika itu menjadi artis menjadi penentu kemenangan pasangan ini.
Melihat hal ini banyak partai memutuskan akan merekrut artis dan selebriti untuk meraih suara atau dapat mengimbangi suara lawan politiknya. Pada umumnya memang para artis tersebut akan mendampingi atau jadi calon wakil gubernur (cawagub).

Kehadiran para artis  akan memecah suara bagi para pemilih yang suka dengan popularitas. Jika dahulu hanya satu pilihan Dede Yusuf kali ini hampir semua pasangan memiliki artis untuk mendongkrak suara.
Dan Dede Jusuf tidak akan lagi berpasangan dengan Ahmad Heriyawan dari PKS. Awalnya Dede sendiri maju diusung oleh PAN, tapi kini Dede Jusuf telah pindah dan bergabung dengan Partai Demokrat. Tak memiliki pasangan, Ahmad Heriyawan dari PKS mencoba meminang Deddy Mizwar, pemain dan director film.

Sementara penyayi Dedi Dores menurut kabar akan diusung beberapa partai kecil.  Bila tidak ada aral melintang Rieke Dyah Pitaloka bakal digandengkan dengan  Mantan Wakapolri Nanan Sukarna oleh PDIP serta Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Irianto M. Syaffiudin atau akrab dipanggil Yance diperkirakan akan mengammbil calon internal yang juga dari kalangan artis yakni Nurul Arifin atau Tantowi Yahya.
Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna menyatakan siap bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 mendatang dan bersedia mundur dari jawatan Wakil Kapolri.  Tapi untuk calon dari PDIP, Nanan harus bersaing dengan calon lain yang juga maju memakai perahu PDIP. Diketahui ada empat kader PDIP yang siap maju, yakni  Gatot Tjahyono,  (Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat),  Aang Hamid Suganda (Bupati Kuningan) Dedi Supardi (Bupati Cirebon),  dan Rieke Dyah Pitaloka (Anggota DPR RI PDIP).
Calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Golkar Irianto MS Syafiuddin alias Yance  disebut-sebut adalah Nurul Arifin, artis yang kini jadi anggota DPR dari Partai Golkar.
Sementara Partai Gerindra resmi mencalonkan tokoh antikorupsi, Teten Masduki, sebagai calon gubernur Jawa Barat periode 2013-2018. Pengumuman Teten sebagai calon yang diusung oleh Gerindra ini awalnya disampaikan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam akun Twitter-nya, @prabowo08. Kini tinggal mencari pasangan bagi Teten Masduki untuk maju sebagai calon wakil gubernur.
Jadi masih ada kemungkinan PDIP dan Gerindra bekerjasa sama lagi dalam pilkada setelah Jakarta, dengan memasangkan Rieke Diah Pitaloka dengan Teten Masduki sebagai calon gubernur dan wakil untuk Jawa Barat. Tapi keputusan ini juga menunggu sikap PDIP terutama dari Megawati dan Taufiq Kiemas yang sepertinya berat bergandeng tangan dengan Prabowo kembali. Tapi siapa tahu perjalanan selanjutnya, sebab politik adalah seni kemungkinan. Apa yang tidak mungkin menjadi mungkin dalam politik, terutama di Indonesia!

0 komentar:

Posting Komentar